Pendahuluan

Merupakan gabungan dari tiga even besar yaitu IPBUniversity innovation, Festival bunga dan buah, (kerjasama dengan pemda kabupaten bogor) dan Rangkaian Bunga (kerjasama dengan Asosiasi Bunga Potong Indonesia).

Kebetulan saya diserahi tanggung jawab untuk mengelola stand pamerannya. Ada dua stand yang berbeda yang harus saya siapkan:

1. Stand Divisi Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan Tropika (DBKT) Departemen Konservasi dan Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. Fakultas Kehutanan IPBUniversity. Berada dalam roder A yang merupakan kelompok pameran Innovation IPBUniversity.

2. Stand Esha Flora, Plant And Tissue Culture. Berada pada Roder D tempat berkumpulnya para perusahaan dan agribisnis pertanian.

Pameran berjalan dengan sukses, walau ada beberapa kekurangan kecil, dan itu adalah biasa. Para pengunjung yang datang sangat banyak, bejubel, bahkan sangat bejubelnya membuat ruang pameran terasa sangat sempit dan gerah, karena memang di pakan sari kondisi siang hari cukup terik, Alhamdulillah sore hari hujan shingga suhu udara tidak panas lagi.

Catatan Penting dan Menarik dari Kegiatan besar tersebut:

1. Selamat dan sukses pada semua pihak yang telah melaksanakan kegiatan yang besar tersebut. Antusias masyarakat sangat tinggi dan dengan sangat bersemangat melihat semua materi pameran.

2. Salut kepada IPBUniversity dengan stand Innovation IPB nya yang menggambarkan inovasi-inovasi baru, karya karya baru yang sangat menarik untuk dikembangkan lebih lanjut agar memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat

3. Salut kepada Pemda Kabupaten, dan show of Buah yang ditampilkan sangat beragam, sangat menarik dan beberapa jenis buah sudah mulai langka dan unggul. Sangat potensial untuk dapat dikembangkan lebih lanjut

4. Salut pada Asbindo dengan rangkaian bunganya yang sangat indah dan cantik, semoga berkembang terus dan dapat ikut mensejahterakan masyarakat luas

5. Para kelompok tani dengan bibit tanaman buah unggulnya merupakan kelompok tani yang perlu didukung dan dibantu dalam pengembangan bibit unggul berkualitas. Demikian pula membantu masyarakat untuk dapat mengakses mereka dalam mendapatkan bibit unggul untuk ditanam secara besar-besaran di Indonesia

6. Saya mendapatkan buah yang sangat spektakuler yaitu buah kecapi, yang sudah mulai langka dalam ukuran yang sangat besar dan manis, demikian pula dengan mangga bacang yang besar dengan bau wangi dan rasa yang unik.

7. Bibit-bibit hortikultur penemuan dan unggulan IPB, ragam cabe hias dan berbagai cabe hybrid baru yang sangat menarik dan unik, hasil kerja keras prof Syukur.

8. Saya sendiri punya beberapa formula ramuan untuk budidaya tanaman dan juga menampilkan sesuatu yang baru yaitu Aqua Orchid, yaitu suatu konsep menggabungkan keindahan bunga anggrek dengan keindahan dinamika di dalam aquarium. Sungguh indah dan menarik.

9. Hasil transaksi dalam tiga hari saja sudah mencapai mencapai ratusan juta rupiah.

10. Masih banyak hal-hal hebat dan menarik dalam pameran tersebut, yang saya sendiri belum sempat untuk melihatnya lebih detail lagi, padahal sangat menarik.

11. Hal lain yang menarik adalah bahwa stand pameran Inovation IPBUniversity, banyak memunculkan ide,inovasi dan kreasi baru. Dan memang karena fungsinya untuk itu maka dari segi penjualan bisa dibilang sangat rendah. Sebaliknya untuk stand kuliner, stand penjualan tanaman. Ada petani atau peserta pameran yang mungkin panen besar karena bibit yang dijualnya habis ludes, demikian pula dengan stand buah, habis tidak bersisa, mungkin juga karena kalau dibawa pulang malah rugi jadi pada akhir pameran semua diobral habis.

Harapan Kelanjutan Kegiatan Tersebut

Kegiatan besar tersebut merupakan ajang pertemuan, untuk mempertemukan pihak-pihak yang mungkin dapat saling bersinergi. Sebenarnya akan jauh lebih hebat lagi bila pemerintah dengan kekuasan dan kewenangannya memberikan suatu solusi yang win-win solution. Solusi yang memenangkan semua pihak. Adanya kemauan kuat untuk memajukan hasil pertanian di daerahnya, mungkin akan bagus misalnya bila IPBUniversity, sebagai pasar bisa bekerjasama dengan pemda kabupaten untuk menyediakan saryuran dan buah sehat untuk akademisi IPB University, sehingga produk=produk pertanian, buah dan sayur dapat terserap dan akademisi IPB University sehat wal afiat mendapat buah segar sehat terbebas dari bahan beracun.

Ada suatu kemauan bahwa IPB University berkomitmen untuk memajukan dan meningkatkan kualitas dan varietas unggul di kabupaten bogor. Hal-hal seperti ini sebenarnya yang ditunggu-tunggu oleh masyaraklat luas. Kebijakan yang pro masyarakat luas yang mampu meningkatkan dan menggaairahkan perekonomian daerah.

Dari hasil menjaga stand ada beberapa hal menarik:

1. Banyak pihak suka dan tertarik dengan koleksi jenis-jenis langka yang dimiliki oleh DBKT dan merasa kagum dengan adanya jenis-jenis langka, yang mereka kadang baru dengar dan baru tahu

2. Banyak pihak tertarik dengan kompetensi terkait konservasi tumbuhan obat sampai pembuatan herbal dan produk jamu.

3. Ada beberapa pihak yang terkesan dengan koleksi kultur jaringan berbagai jenis yang kita miliki saat ini sudah sekitar 200 jenis kultur.

4. Produk Aqua Scape adalah prototype anggrek di dalam aquarium. Banyak pihak heran, kagum, sangat tertarik dan merasa aneh banyak hal lain yang tidak dimengertinya, mengapa ada anggrek di dalam aquarium. Tapi begitu dijelaskan terutama pihak-pihak yang memang sudah eksis dibidang aquascape, maka wawasan mereka lebih terbuka untuk mengembangkan produk aquascapenya. Oleh sebab itulah maka saat ini di Toko Terang di bogor yang dikenal dengan toko yang menyediakan perlengkapan aquarium dan ikan saat ini juga menjual anggrek, Ini adalah langkah yang sangat peka dan berusaha mengakomodir yang diminta para konsumen yang datang mereka menjual anggrek. Tidak biasa-biasanya. Produk ini sebenarnya ingin menggambarkan kompetensi kami dalam menangkarkan dan memodifikasi kebutuhan hidup suatu tumbuhan, hal ini sangat diperlukan dalam penangkaran dan domestikasi tumbuhan langka hutan tropika.

Stand Divisi Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan Triopika (DBKT)

Dengan persiapan seadanya pameran berjalan dengan baik, produk yang ditampilan terkait dengan kompetensi Divisi BKT di dalam mengkonservasi tumbuhan hutan tropika dan bioprospeksi tumbuhan hutan tropika. Pengunjung kagum dengan koleksi tumbuhan langka kita, pengunjung kagum dengan koleksi kultur jaringan sebanyak 200 jenis berbagai jenis tumbuhan, pengunjung kagum dengan produk herbal yang dihasilkan, pengunjung kagum dengan teknologi kultur jaringan skala rumah tangga, pengunjung kagum dengan prototype AquaOrchid yang belum pernah mereka lihat dimanapun.

Produk yang dipamerkan

1. Koleksi tumbuhan langka Hutan tropika : Ulin, eboni, Sanrego, Karuk, Walangan, Gaharu

3. Koleksi Kultur jaringan tumbuhan 200 jenis kultur tumbuhan.

4. Aneka produk herbal buatan sendiri

5. Teknologi Kultur jaringan skala rumah tangga

6. Teknologi Aqua Orchid (Orchid di dalam aquarium dengan ikan dan ornament lainnya dengan fasilitas gelembung udara dan lampu.

7. Produk Hormon Esha Flora IPB University

8. Produk Alat Laminar Air Flow Cabinet Esha Flora IPBUniversity

9. Produk Enkas Esha Flora IPB University.

10. Berbagai formula budidaya

Stand Esha Flora, Plant And Tissue Culture

Dalam hal ini Esha Flora melibatkan mitra Esha Flora yang ingin mengikuti pameran. Dalam kegiatan ini Esha Flora tidak ingin berdiri sendiri tapi bersama-sama dengan mitra dan juga melibatkan siswa-siswa SMKKehutanan Bakti Rimba yang telah sekitar 8 tahun mengadakan kerjasama dengan Esha Flora dalam menghasilkan lulusan terampil kultur jaringan.

Pihak Yang ikut pameran adalah:

1. Ade Orchid, spesialis bunga cattleya

2. TFlory, spesialis tanaman athurium variegate

3. PT RAV, spesialis tanaman mutasi dan variegate

4. SMK Kehutanan Bakti Rimba, tenaga kultur jaringan terampil

Produk yang dipamerkan

1. Anggrek cattleya

2. Anthurium variegata

3. Tanaman hias mutasi dan variegata

4. Kultur tanaman koleksi Esha Flora

5. Tanaman aklimatisasi Esha Flora

6. Media aklimatisasi Esha Flora

7. Anekaragam media tanam: cocopiet & sekam bakar, moss,

8. Produk aquascape dengan ornament Anubias sp (hasil kultur) dan ikan burik, menggunakan gelembung udara dan aquarium yang unik.

9. Produk benih siap jual

10. Pupuk tanaman.

Hubungan Esha Flora dan DBKT

Esha Flora, Plant And Tissue Culture dan Divisi Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan Tropika sebenarnya mempunyai hubungan yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini disebabkan karena Bapak edhi Sandra yang merupakan salah satu dosen DBKT adalah pemilik esha Flora, bersama dengan istrinya yang juga merupakan teman sekelas saat S1 di Biologi IPB angkatan 22. Semua hal yang dilakukan di esha Flora merupakan penjabaran dari tugas seorang dosen dalam mengemban Tridarma perguruan tinggi.

Banyaknya permintaan dan hambatan serta tantangan yang dihadapi masyarakat luas khususnya para petani, membuat bapak edhi Sandra beserta istri membentuk Esha Flora. Esha Flora berawal dari kata Setia Hati yang diambil dari nama Persaudaraan Setia Hati, yang merupakan beladiri pencak silat yang mengutamakan pada setia pada hati sanubari. Hati yang selalu mengingat Allah. Oleh sebab itulah sebenarnya apa yang dikembangkan di Esha Flora semua terkait dalam usaha amal jariah untuk bekal akhirat, dengan membantu berbagai pihak dalam hal bioteknologi dan kultur jaringan. Oleh sebab itulah maka dalam pengembangan Esha Flora bukan prioritas profit orientit tapi lebih mengarah pada pengabdian pada masyarakat. Terbukanya Esha Flora untuk para mahasiswa dan siswa seluru Indonesia, terbukanya Esha Flora untuk riset dan penelitian ilmiah, terbukanya Esha Flora dalam pengembangan kultur jaringan dan bioteknologi, terbukanya Esha Flora untuk membantu para kelompok tani dari seluruh Indonesia, terbukanya Esha Flora untuk membantu perorangan maupun swasta dalam pengembangan bioteknologi dan kultur jaringan.

Dinamika Pengunjung

Banyaknya pengunjung, beragamnya pengujung, sebenarnya banyak yang bisa di follow up. Dari kompetensi DBKT yang dipamerkan sebenaarnya banyak pihak yang ingin sekali bekerjasama dengan pihak DBKT, terkait dengan kompetensi, koleksi jenis, teknologi dan sebagainya. Hal ini bila kita kembangkan lagi dan disiapkan lagi dari segi kerjasama, kompetensi dan teknologinya maka akan menjadi pemasukan yang sangat significan sehingga kita dapat membiayai operasional kegiatan pengembanagn divisi dan departemen.

Hal Tak Terduga

Ada dua hal yang menarik minat pengunjung yang sangat kuat, Kedua hal itu adalah:

1. Produk seni Aquascape berupa scape aquarium yang di dalamnya terdapat tanaman anubias hasil kultur dengan menggunakan aquarium yang unik bentuknya, kemudian diberi blubukan, gelembung udara dan ikan kecil yang cantik ditambah dengan ornament batu hias dan bola jeli. Kesemuanya membentuk satu kesatuan pemandangan di dalam aquarium yang sangat indah dan cantik. Hampir setiap anak kecil yang lewat didepan stand mau tidak mau pasti mampir dan melihat pemandangan tersebut dengan asiknya, banyak juga yang merengek untuk dibelikan produk tersebut, ada yang minta dibelikan ikan hiasnya yang unik dan cantik. Jadi produk tersebut berhasil membuat nangis banyak anak kecil yang tidak mau pergi dan minta dibelikan produk tersebut.

2. Produk Aqua Orchid selalu membuat terheran-heran pengunjung yang lewat, bagi pecinta anggrek mereka ngedumel “kurang kerjaan anggrek koq dimasukin ke air””. Bagi para pecinta aquascape merek terkagum-kagum ada anggrek dalam air. Biasanya mereka melakukan atau membua aquascape hanya jenis tanaman tertentu dengan dominan daun monoton hijau umumnya. Tapi sekarang mereka melihat indahnya bunga anggrek di dalam aquarium bersama dengan idnahnya liukan ikan di dalam aquarium.Mereka sangat kagum dan berharap produk ini dapat berkemabng terus lebih baik lagi.

Bogor, 9 Desember 2019. Jam 21.22 Esha Flora Plant And Tissue Culture. Edhi Sandra.